Thursday, August 25, 2016

Apa beda Internet Marketing dan Digital Marketing - trend saat ini ?


Digital Marketing Vs Internet Marketing
@calpersloan.com

Apa beda Internet Marketing dan Digital Marketing, dan bagaimana trend saat ini ? sebuah pertanyaan yang cukup membuat saya penasaran saat mulai mempelajari tentang Digital Marketing.anda dan saya pasti berpikir, jika apa yang kita baca dan pelajari hari ini harus berguna untuk masa depan, jadi sebelum mempelajari digital marketing saya memastikan bahwa saya sedang mempelajari hal yang sangat penting dalam era teknologi dan komunikasi saat ini dan esok hari.

Apa perbedaan antara digital marketing dan internet marketing ?
Apa trend terakhir dalam industi saat ini ?
Bagaimana perusahaan besar mengalokasikan anggaran digital marketing mereka ? 

Digital Marketing
@mba.uconn.edu


Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran dari sebuah brand atau produk dengan menggunakan semua media digital mulai dari website, sosial media, banner, mobile marketing, SEO, web TV, televisi, radio, sms, email marketing,ppc ( pay per click ) dan tools lainnya yang berbasis digital teknologi.

Dari pengalaman saya sendiri dalam beberapa industri yang pernah saya jalani, strategi pemasaran menggunakan digital marketing jauh lebih efektif daripada menggunkan strategi pemasaran tradisional seperti poster, spanduk, baliho, dan media massa cetak. meskipun begitu strategi pemasaran tradisional masih dibutuhkan hari ini karena saat ini masih masa transisi perubahan behaviour masyarakat.  lalu bagaimana dengan internet marketing sendiri ? berikut penjelasan singkat yang bisa saya simpulkan dari pengalaman dan sumber yang saya pelajari.
.

Internet Marketing
@copyblogger.com

Internet Marketing 

Internet marketing sendiri adalah bagian dari digital marketing, ini merupakan hal yang paling penting karena mayoritas aktivitas digital marketing berhubungan erat dengan internet marketing, coba kita lihat gambar dibawah bagaimana anggaran digital marketing lebih banyak di gunakan dalam lingkup yang berhubungan erat dengan internet marketing
 
Channels utama dari internet marketing adalah :
Website - website pribadi ataupun website perusahaan atau bahkan sekalipun blog pribadi yang di bagikan seperti blogger, wordpress, tumblr. Aktivitas internet marketing hampir seluruhnya berawal dari sebuah website dan bermuara ke sebuah website juga.

Contoh : 
Website kita ibaratkan hotel yang kita bangun. setelah hotel tersebut selesai, kita merancang strategi bagaimana agar hotel tersebut, memiliki banyak pengunjung. Setelah kita memetakan target pasar, kita mulai menggunakan sosial media, email marketing, sms, radio, dll agar target pasar mengetahui dan akhirnya tertarik untuk mengunjugi hotel kita. mereka harus merasakan sendiri bagaimana nyamannya berada dan menginap di hotel kita. dari pengalaman tersebut kita berharap pelanggan tersebut membagikan cerita ke keluarga dan kerabatnya sehingga pengunjung hotel kita semakin hari semakin bertambah. 

Begitu juga website jumlah pengunjung menjadi salah satu tolak ukur untuk melihat apakah strategi internet marketing yang kita lakukan sudah efektif. 

Lalu bagaimana dengan trend industri saat ini ? 

Kemana perusahaan mengalokasikan uang mereka dalam bidang pemasaran ?  

Barangkali jalan terbaik untuk memahami  bagaimana perusahaan besar mengalokasikan anggaran digital marketing dalam trend industri saat ini, kita akan membaca hasil riset yang dilakukan oleh Gartner dalam artikel Digital Marketing Spending Report, 2013 
Dalam tulisan hasil riset yang dia lakukan kita menemukan fakta yang sangat menarik, mayoritas pengeluaran digital marketing di belanjakan dalam aktivitas internet marketing.
adapun fakta - fakta yang tertulis seperti yang bisa kita lihat di bawah ini :
  • 10% dari total penghasilan perusahaan digunakan dalam bidang pemasaran
  • 2,5% dari 10% tersebut di gunakan untuk aktivitas digital marketing
  • 50% aktivitas digital marketing dari sebuah perusahaan menggunakan pihak ketiga/outsourcing, kalau teman - teman bertanya mengapa perusahaan menggunakan outsource ? silahkan klik disini

  • 3 hal utama dalam aktivitas digital marketing adalah website, sosial media marketing, dan iklan digital
  • Investasi teratas dalam dunia digital marketing dalam hal ecommerce, sosial media marketing, membuat konten - konten pemasaran, contoh video, gambar, tulisan dll, dan yang terakhir dalam bidang mobile marketing seperti apps yang bisa di install di handphone anda.
Jadi kesimpulan dari tulisan kita ini, sangat penting memahami bahwa Internet marketing adalah bagian dari digital marketing dan bukanlah hal yang berbeda, ketika kita berbciara tentang Digital Marketing, digital marketing yang kita maksud adalah Internet Marketing ditambah SMS, WebTV, dan iklan digital.
lalu tentang industri sangat jelas bahwa perusahaan mulai mengalokasi anggaran belanja mereka dalam digital marketing khususnya aktivitas Internet Marketing trend dan sosial media menjadi salah satu tool yang paling efektif untuk menaikan jumlah pengunjung, tapi content lah yang akan mempertahankan dan membuat pengunjung akan kembali dan mereferensikan website tersebut.

Source Article


EmoticonEmoticon