Tuesday, September 20, 2016

Cara Nulis Draft Kasar Artikel Blog, Metode POWER Writing (2)


Cara Gampang Nulis Artikel Bag-2

Artikel ini adalah Episode Kedua, dari seri "Cara Gampang Nulis Artikel, Metode POWER Writing". Ini adalah lanjutan dari episode sebelumnya

Metode yang sangat mudah di terapkan ini, cuma lima langkah. kenapa cuma lima langkah, kalau seribu langkah, jalan sehat namanya

Metode ini gue pelajari, ketika gue ngambil writing course di Gans Academy, yang ngajar namanya Ganesh Kumar, kalau dari namanya sih dia berasal dari India. Jadi tulisan ini lebih tepat adalah rangkuman materi selama gue ikut course jadi boong banget kalau gue sampai bilang, ini metode yang gue ciptain dari pengalaman.

Setelah gue nyelesaiin itu course barulah gue ngerti, kenapa dulu sering masuk jalan buntu. Intinya sih tahap demi tahapnya gak beraturan.

Ibarat lu mau renang tapi gak pemanasan dulu, langsung main nyebur aja, gue pastiin kaki lu keram dan akhirnya kelelep, syukur – syukur ada yang nolong pas kelelep *pengalaman pribadi

Harusnya kan ganti baju renang - pemanasan - baru nyebur

Nah kayak gitu juga proses menulis ada tahap – tahap nya mulai dari mulai dari Ngumpulin ide – Nyusun Ide – Nulis Paragraf – Ngevaluasi dan Ninjau kembali..

Kok kayaknya mudah banget ya ton ? ya emang mudah, makanya gue bagiin ni artikel, coba kalau metodenya ngejelimet gak mau gue cerita.

Jadi dalam metode POWER writing, berawal dari huruf :

P – Prepare


Dulu gue sering kehabisan ide ketika nulis, karena gak tahu apa itu prepare stage. Prepare stage adalah proses membangun pondasi. Ibarat mau liburan, lu ngelist dulu referensi tempat - tempat wisata di kota tujuan.

Kalau implementasi dalam tulisan, kayak gue mau nulis ini artikel, gue ngumpulin ide dulu ni kan.

Judulnya : Bagaimana cara gampang menulis artikel

  • Gimana pengalaman gue sendiri waktu nulis
  • Binggung mau nulis apa, kehabisan ide gimana nyelesaiin itu tulisan 
  • Ada gak cara gampang buat nulis artikel
  • Ada metode POWER writing
  • Dimana gue dapatin ini metode
  • Gimana penjelasan lengkapnya dari metode POWER writing itu

Tu aja dari draft kasar, udah kelihatan gimana artikel utuhnya. masih ngerasa kurang banyak, tambahin entar di tahap selanjutnya ! yang penting udah mulai ngumpulin ide.

Ingat ! gak usah panjang yang penting ide nya jelas mau ngomongin apa masing - masing paragraf.
Kapan nyusun urutan ? nyusunnya entar di tahap selanjutnya.

Masih binggung nulis apa ? kalaupun benar – benar binggung, gunakan 5 W 1 H.
What ? Why ? Who ? When ? Where ? + How ?
Ini contoh penerapan 5 W + 1 H


  • Apa ? cara gampang menulis artikel
  • Mengapa ? karena ini sangat penting dalam inbound Digital Marketing
  • Siapa ? orang – orang yang binggung bagaimana menulis artikel
  • Kapan ? metode ini gue ngerti, waktu ngambil writing course
  • Dimana ? writing course di Gans Academy
  • Apa Saja ? Metode ini berisi 5 langkah Prepare – Organize – Write – Evaluate – Review
  • Bagaimana penjelasan lengkapnya ? Prepare adalah.... – Organize adalah.....

Gue sih berharap, lu sambil praktek, entar pas kalian nyelesain artikel ini. artikel kalian juga udah jadi.

Kesimpulan


Jadi goal dari tahapan pertama ini P - Organize intinya adalah membuat
  • Koleksi ide
  • Struktur
  • Outline atau draft kasar dari keseluruhan artikel
Udah santai aja kayak di pantai ! gak usah takut salah yang penting udah mulai.

Trus langkah selanjutnya apa ? langkah selanjutnya adalah O - ORGANIZE, artinya mengorganizir ide – ide atau nyusun urutan kata kunci yang udah lu tulis.

#Cara Nulis Artikel Di Blog, Metode Power Writing

EPISODE SELANJUTNYA

src img : www.theatlantic.com


Anthony Christmantoro


EmoticonEmoticon