Wednesday, September 21, 2016

Baca Ini Dulu, Sebelum Publish Tulisan Kamu ! Metode POWER Writing ( 6 )

Akhirnya, lu tiba di episode terakhir, dari artikel series Cara Gampang Nulis artikel dengan Metode POWER Writing. Jadi kalau ngelihat bagian ini doang. Itu berarti, ada seri - seri sebelumnya.

Nah tujuan utama, bagian ini adalah mastiin artikel 100% siap di publish di blog, website ataupun media social.
Jadi huruf terakhir dari POWER writing method, adalah huruf R yang berarti Review – Final Review. Kalau gue terjemahin sih arti kata Review itu Meninjau Kembali. Meninjau kembali lahir batin seberapa siap, lu ngelamar sang pujaan hati. *itu mah kebelet nikah



R – Review


Ok ini dia beberapa tahap yang harus lu pastiin.

  • Pertama, Pastiin gak ada typo ! Typo maksudnya ? salah penulisan huruf. Contohnya lu mau nulis kata kamu, iya kamu tapi nulisnya kamy, itu sering banget terjadi termasuk yang nulis artikel ini sendiri.

Kenapa jangan sampai typo ? soalnya gue pernah dengar, kalau orang yang sering typo itu jari tangannya segede jempol kaki. Bahkan buat orang sering typo ada peribahasanya. Sekali tekan, dua tiga huruf mengikuti. *sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.
Bahkan ada typo yang fatal banget, di salah satu TV nasional. Mungkin karena stasiun TV tagline nya memang beda. Jadi Headline juga beda. Jadi judul beritanya Polisi Tangkap 55 Nabi Kabur. padahal mau nulis Napi. Mungkin Editor TV nya udah lelah . ni capturenya.




  • Kedua, Baca ulang !, kira – kira udah nyampe belum inti pesan, yang mau lu sampein. Kalau lu ngerasa udah nyampe. Pikirin apa efek yang rasain oleh pembaca pas pesannya. Jangan sampai karena tulisan lu. Angka perceraian makin tinggi, bahkan lebih ngeri lagi karena tulisan lu angka bunuh diri meningkat tiga kali lipat. Kan bubar dunia persilatan jadinya

  • Ketiga, Tinggalin dulu satu hari, setelah lu selesai nulis itu artikel !. Kok gitu ? Nah ini tips yang awalnya bikin gue kesal. Selesai nulis, lu pasti ngerti kan. Pengen cepat - cepat di publish dong. Biar keliatan bahwa kita ada hasil. Tapi setelah gue lakuin ini tips. Tulisan gue lebih gampang di mengerti. Soalnya, kalau lu ngebaca tulisan lu berulang kali, dalam satu waktu. Pasti lu ngerasa tulisan lu, udah pas banget. Padahal belum tentu, bahkan ada pemotongan kalimat yang janggal.

Nah kalau di tinggalin satu hari, trus lu baca lagi !. itu otak pasti udah netral lagi. Jadi udah beda sudut pandang. Lebih kerasa bagian mana, yang perlu di make up lagi. Trus lu emang gak tahan nunggu satu hari, tunggu beberapa jam aja deh. Baca setelah lu ngelakuin aktivitas yang berbeda.


  • Keempat, Baca artikel lu dengan bersuara, seperti lu sedang bercerita ! kenapa ini penting ? biar lu ngerasa dimana, pasnya lu harus ngambil napas. Pas lu ngambil napas kasih tanda koma. Pas lu berenti dan masuk kalimat baru, kasih tanda titik. Pas lu nemu kalimat dengan intonasi bertanya, kasih tanda tanya dan sebagainya nya.

  • Terakhir, Gak usah jadi perfeksionis banget !. Misalnya, lu mau nulis tentang trend selfie tahun ini. Pas lu cerita, bahwa remaja Indonesia, makin kecanduan posting foto selfie. Lu pasti mau nyertain sebuah data kan ? data tentang berapa juta remaja Indonesia, yang posting foto selfie setiap hari.

Tapi lu gak nemu tuh data. Gimana dong ? ya lanjut aja atau pakai data tahun sebelumnya. Yang penting jangan jadiin itu sebuah hambatan, karena lu bukan mau nulis hasil riset atau bisnis report yang harus di pertanggung jawabkan.
Ok deh itu dia, tips terakhir ! jadi dengan selesainya tips terakhir, berarti selesai juga tulisan gue tentang, POWER Writing method.



Gue percaya banget, ini artikel bisa ngebantu lu. terutama lu yang baru coba nulis artikel. Praktekin ini metode, gue yakin lu bisa ngehasilin artikel – artikel yg berkualitas bukan copas. Kenapa berkualitas ? karena artikel yang lu tulis nanti, dari pengalaman, pemikiran, penelitian, atau bahkan sebuah perenungan.

Tulis aja asal gak SARA dan SARU udah terlalu banyak tulisan yang ngusik Damainya negeri kita.
Dan inget jangan curang ! kabarin gue dong, kalau lu udah selesai nulis artikelnya. Tulis aja linknya di kolom komentar biar gue bisa ikutan baca dan komentar

Kembali Ke Episode Awal 

src img : vm-group.blogspot.com
src img : www.seeds4thesoul.com

Thanks my fren, gue tony
Salam kenal dari gue

Anthony Christmantoro
FB : tonychristmantoro
Email : tonychristmantoro@gmail.com
LINE : thonychrist
www.dosendigitalmarketing.com

1 komentar

Thanks mas Tony sudah berbagi Metode POWER Writing. Semoga bermanfaat bagi saya yang juga sedang belajar menulis. :)


EmoticonEmoticon