Tuesday, September 20, 2016

Cara Nyusun Ide - Ide Waktu Nulis Artikel, Metode POWER Writing (3)




Artikel ini adalah Episode Ketiga, dari seri "Cara Gampang Nulis Artikel, Power Writing". ini adalah lanjutan dari Episode sebelumnya

Kita lanjut sekarang bos ? atau mau nyeduh kopi lagi, mungkin udah keburu dingin, setelah baca dua artikel sebelumnya. tapi kalau udah siap, mari kita masuk tahap selanjutnya.

Ini tahap kedua dari metode POWER Writing, yang gue pelajari di Gans Academy. Ini tahap nyusun ide – ide yang udah dikumpulin jadi draft kasar di Episode sebelumnya

O-ORGANIZE


Jadi ada dua alasan mengapa mengorganizir ide itu sangat penting.

Alasan yang Pertama lu mulai mikiran gimana alur tulisannya. Perumpamaannya gini, bayangin lu seorang tour guide. Hal pertama yang lu lakuin, kan ngelist tempat wisata tuh, kira – kira tempat wisata mana aja, yang akan lu tunjukin. apakah semua berhubungan dengan wisata peninggalan kerajaan ? Misalnya

  • Candi Borobudur 
  • Candi Mendut 
  • Candi Prambanan 
  • Candi Ratu boko, 


Tahap ngelist tempat wisata itu tahap pertama.

Tahap kedua ini, kalau di umpamain sebagai tour guide. Lu mikirin kemana dulu, mau ngebawa para wisatawan. Apakah ke Candi Borobudur trus Candi Mendut lalu Candi Prambanan terakhir ngelihat sunset di Candi Ratu Boko.

Jangan sampai dari utara pindah selatan, tiba - tiba kepikiran mau ngajak ke Gereja Ayam padahal udah dekat Candi Prambanan. ( gereja ayam adalah bangunan gereja yang ada di scene film Ada Apa Dengan Cinta 2 ) 
List dan kunjungi apa aja tempat wisata di daerah utara, tengah hari lu baru meluncur ke daerah selatan. (pengalaman gue sebagai tour guide )

Nah tahap kedua ini seperti itu, pikirin alur biar pembaca menikmati perjalanan. Mulai tentuin bagian mana dari outline yang mau di ganti, hapus atau tambahi. Ibarat sebagai tour guide, perlu gak lu tambahin acara makan siang, sebelum meluncur ke daerah selatan.

Jadi bayangin aja lu adalah Tour Guide yang mengatur rute perjalanan






Alasan Kedua kenapa mengorganizir ide ini penting

Karena ini tahap sering ngegabung ketika nulis paragraf, harusnya di pisahin.  Terlalu susah, nulis kata - kata sambil mikirin alur cerita. Ya itu salah satu nya alasan kenapa gue sering binggung apa lagi yang mau di tulis karena mikirin alur cerita ama mikirin kata – katanya.


Kesimpulan


Jadi tujuan utama dari tahap ini.

Memutuskan alur cerita yaitu Final Draft kasar. saat lu nyelesaiin tahap ini, harusnya udah punya struktur final jelas.

Misalnya gue ngerasa, masih kurang panjang, jadi gue kepikiran mau masukin contoh - contoh para penulis yang udah sukses.


  • Apa ? cara gampang menulis artikel
  • Mengapa ? karena ini sangat penting dalam inbound Digital Marketing
  • Siapa ? orang – orang yang binggung bagaimana menulis artikel
  • Kapan ? metode ini gue ngerti, waktu ngambil writing course
  • Dimana ? writing course di Gans Academy
  • Apa Saja ? Metode ini berisi 5 langkah Prepare – Organize – Write – Evaluate – Review
  • Bagaimana penjelasan lengkapnya ? Prepare adalah.... – Organize adalah.....
  • Siapa ? Blogger – Blogger yang udah sukses ( rencana tambahan )



Tapi setelah gue lihat lebih jauh, itu ide tambahan mending gue bikin jadi artikel lain, jadi di final outline, “Siapa ? Blogger – Blogger yang udah sukses” gak gue masukin deh.

jadi udah jelas ya, apa goal dari tahap O-Organize ini, kalau masih belum jelas juga, tulis aja di kolom komentar apa pertanyaannya.

EPISODE SELANJUTNYA

src img : www.bayanmall.org
src img : intelligenttravel.nationalgeographic.com

Anthony Christmantoro


EmoticonEmoticon