Saturday, September 17, 2016

Baru Nyadar, Ternyata Gue Kuliah Jurusan Visual Marketing ( 2 )


Ok lalu kenapa gue berani bilang kalau DKV itu jurusan Visual Marketing, menurut Asosiasi Marketing Amerika Marketing dalam terjemahan bebas

Tulisan ini adalah lanjutan dari episode sebelumnya

Marketing


Marketing adalah komunikasi antara perusahaan dan konsumen, komunikasi tersebut dibangun dengan tujuan untuk membangun kepercayaan, membentuk gambaran dan meningkatkan citra perusahaan dalam produk ataupun jasa di mata konsumen, adapun aktivitas dalam marketing meliputi analisis, segmentasi, positioning, serta memahami metode untuk mempengaruhi perilaku konsumen.

Visual Marketing

jadi Visual Marketing atau Pemasaran Visual adalah salah satu strategi untuk menceritakan dan membentuk persepsi dari sebuah brand di benak konsumen, strategi tersebut menggunakan Gambar, Video, GIF, dan media visual lainnya. Merancang sebuah komunikasi yang efektif dengan visual marketing adalah salah satu strategi yang tepat  dalam trend saat ini, apalagi komunikasi visual yang memiliki kedekatan emosional dengan target market akan semakin membuat identitas perusahaan berbekas dalam ingatan konsumen, karena konsumen lebih gampang mengingat gambar daripada tulisan 

So itu penjelasan tentang marketing sendiri, jadi DKV adalah Visual Marketing, masih belum yakin nih ? ok bentar gue cari fakta lain deh, setengah memaksa memang tapi karena gue yakin banget jadi gue bikin Bagan Marketing fundamental dari Jobs University.

@dosendigitalmarketing

Gimana gue gak yakin banget kan bos, kalau jurusan gue itu, adalah jurusan Visual Marketing, karena hampir 90% apa yang di bahas dalam Marketing Fundamental gue pelajari dalam jurusan yang mereka DKV – Desain Komunikasi Visual

kalau selengkapnya,tentang Apa sih yang gue pelajari selama di jurusan DKV


  • Bagaimana menggali ide Out Of  The Box
  • Bagaimana Merancang Logo yang membentuk citra di benak konsumen
  • Bagaimana Merancang Membuat nama Brand yang gampang di ingat
  • Bagaimana Merancang Membuat Packaging
  • Bagaimana Merancang Membuat Kampanye/Campaign Product
  • Bagaimana Merancang Iklan Media Massa
  • Bagaimana Merancang dan membuat Tifografi, Coloring,
  • Bagaimana Merancang Headline, Tagline, Positioning, Segmentasi,
  • Bagaimana Merancang Style Guide
  • Bagaimana Merancang dan memdesain Website
  • Bahkan Fotografi, Animasi Dan Video


Dll

Intinya sih itu udah lengkap banget deh, kurikulum yang di susun membahas tentang Visual Marketing, tolong di ingat kata kunci dalam jurusan DKV adalah Merancang Konsep, jadi Fotografi, Videografi, Animasi, Mengambar manual, HTML, CSS, Coloring, Ilustrasi dll adalah cara untuk memvisualkan konsep yang sudah kita rancang bukan lah mata kuliah utama.

Jadi kalau kalian pikir para lulusan DKV akan menjadi spesialis dalam bidang fotografi, animasi, desain ataupun videografi setelah lulus dari jurusan ini kalian salah besar ( kecuali mereka mempelajari sendiri secara otodidak di luar jam kuliah) karena yang gue pelajari di DKV sendiri itu gambaran besar bagaimana Komunikasi Visual agar dapat Mempengaruhi Perilaku Orang Lain

Jadi berbanding terbalik dengan jurusan seni murni deh, kalau seni murni sendiri menghasilkan karya lukisan, patung ataupun ukiran yang menjadi cerminan perasaan seniman itu sendiri, tanpa peduli apa yang orang lain pikirin.


Kesimpulan

Setelah gue lihat dari berbagai sudut pandang, profesi gue sebagai seorang Digital Marketer dengan base pendidikan "Visual Marketing" semakin membuat gue lebih percaya diri untuk bertemu calon mertua dan melamar anaknya hahah apa hubungannya coba ?

Intinya lewat tulisan ini gue mau bersyukur ama Tuhan, sebuah anugerah gue bisa kuliah di jurusan DKV

Lalu bagaimana dengan Peluang kedepan, jika kalian hari ini memutuskkan untuk menajamkan skill di bidang Visual Marketing ?

Dari penarawangan dan analisa gue sih peluang dalam industry kreatif semakin hari - semakin terbuka lebar, bahkan hari – hari ini strategi marketing kreatif sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena hanya kreatifitas lah yang bisa membuat sebuah brand menjadi lebih spesial di banding kompetitor.

Lihat saja Youtube menjadi salah satu channel Marketing yang begitu efektif saat ini, 4 Milyar orang Setiap Hari menonton Youtube bukankah Video Advertising adalah bagian dari Visual Marketing.

Facebook Advertising menjadi salah satu media paling efektif karena buyer persona sudah sangat spesifik disana.
Instagram, Instagram, Twitter, Linked in, Pinterest, Dll semua menggunakan visual dan audio visual dalam komunikasi yang di sampaikan.

Mau kuliah di jurusan "Visual Marketing" ?


Sebagai salah satu lulusan DKV/Visual Marketing, gue mau kasih daftar Perguruan Tinggi Negeri terfavorit yang punya jurusan DKV berdasarkan survei Media Tempo tahun ini, daftar PTN nya sebagai berikut


  • Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung
  • Universitas Gadjah Mada (UGM), DI Yogyakarta
  • Institut Seni Indonesia ( ISI), DI Yogyakarta
  • Universitas Negeri Semarang, Semarang
  • Universitas Negeri Makassar, Makassar


Sedangkan Perguruan Tinggi Swasta, yang gue tahu punya jurusan DKV


  • Universitas Trisakti, Jakarta
  • Telkom University, Bandung
  • Institut Kesenian Jakarta, Jakarta
  • Institut Teknologi Nasional
  • Unikom Bandung, Bandung
  • STIKOM Surabaya, Surabaya
  • Institut Teknologi Harapan Bangsa, Bandung
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Pelita Harapan, Jakarta
  • Universitas Surabaya, Surabaya


Gue sendiri kuliah di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM), Bandung, kenapa gue bisa kuliah disana karena rekomendasi dari seorang sahabat seperti awal cerita ini.

Sesimple itu alasan mengapa gue memilih kuliah di UNIKOM, Bandung.

Itu daftar Universitas yang memiliki jurusan DKV, semoga bisa membantu kalian untuk memilih dan mencari informasi, minimal kalian punya pilhan dan perbandingan gak kayak gue dulu, kayak pakai kacamata kuda aja haha

Catatan Kecil


Berapa banyak dari kita mencoba tempat makan baru karena rekomendasi dari seorang teman, strategi marketing paling efektif dan bisa membuat kita langsung percaya pasti rekomendasi dari orang yang kita percayai.

Src img : www.aokmarketing.com

Anthony Christmantoro
Dosen Digital Marketing 


EmoticonEmoticon