Tuesday, August 30, 2016

Binggung Apa Beda Domain Dan Hosting ? Baca Ini !


Ton aku mau bikin website, tapi kmrin pas aku minta bikinin ama orang kok mahal banget ya ? aku mau coba bikin sendiri aja ah. Kira – kira apa yang harus aku lakukan pertama kali ? agar aku punya website pribadi kayak kamu.

Website yang mana ya ? tanyaku basa – basi. Itu loh web mu “tonyeltoro.com”. Menurut kamu, kalau aku bikin sendiri kayak gitu aku mampu gak ya ? tanya temanku ragu. Kamu waktu sekolah pernah contek gak ? pernah. Trus gampang gak ? gampang banget sih. Emang apa yang kamu lakukan waktu mencontek ? tanyaku memperjelas. Cuma lihat jawaban teman trus tulis tanpa mikir malah.

Seandainya bikin website segampang mencotek, berarti bisa dong ? ya pasti bisa lah ton. Ya udah bikin website sendiri aja ! tinggal beli DOMAIN ama HOSTING, trus lihat dan ikuti TUTORIAL di youtube. Kalau kamu memang pinter contek, satu hari juga selesai itu website tapi seandainya kamu mood swing bertahap terus dikerjain, paling tiga minggu baru jadi.

Kayaknya gampang banget ya ton, cuma beli DOMAIN dan HOSTING ama ikutin TUTORIAL. Ngomong – ngomong APA BEDA DOMAIN DAN HOSTING ?

Ok saya jelaskan dengan sebuah cerita ya, Pak budi membeli sebidang tanah di daerah DAGO, BANDUNG dengan alamat JL.Ir. H. Juanda No 36. Jadi alamat tanah Pak Budi adalah  JL.Ir. H. Juanda No 36.

Pak budi akan membangun sebuah perpustakaan yang berisi buku – buku utama berasal dari tulisan dia sendiri. pak budi akan membangun perpustakaan tersebut dengan ukuran besar agar bisa menyimpan tulisan dan buku – buku koleksi beliau yang sudah menumpuk. 


DOMAIN

Dalam cerita di atas Domain adalah sebuah alamat yang kita pilih agar orang lain bisa mengunjungi bangunan kita apapun bentuknya mau Blog, Company Profile, CV, Toko Online Dll.

Contoh nya jika kamu ingin mengecek apa saja layanan dari maskapai penerbang Garuda Indonesia silahkan kunjungi alamat ( domain ) official dari Garuda Indonesia, untuk mengunjungi website Garuda Indonesia, silahkan tulis alamat situs www.garuda-indonesia.com. jadi domain adalah alamat dari sebuah website. Kepemilikan nama ini sistemnya SEWA jadi tiap tahun harus diperpanjang. kalau kamu mau bikin website dengan alamat nama kamu, tinggal beli domain www.namakamu.com. 

HOSTING

sedangkan HOSTING ibarat berapa besar kapasitas bangunan yang akan kamu sewa, jadi hosting merupakan tempat penyimpanan data. kapasitas penyimpanan data sangatlah penting, saat kamu mulai merancang website, menulis atau mengupload gambar di ALAMAT DOMAIN. Kamu butuh ruang tempat penyimpanan, jadi seberapa banyak jumlah tulisan dan gambar sangat tergantung dari kapasitas/ space yang kamu beli.  Semakin besar space/ruang HOSTING yang kamu beli, semakin banyak kamu bisa memposting tulisan dan gambar.

HOSTING khusus untuk website disebut web HOSTING, web HOSTING memiliki Operating Sytem ( OS ) dan sofware sehingga mampu menjalankan aplikasi dan program web kamu nanti.
Jadi ketika anda membeli/ menyewa HOSTING, yang anda sewa hanya jasa penyimpanan saja sagar bisa diakses harus menggunakan alamat IP address/ Domain.

SERVER

Ada juga yang namanya server. Server sendiri adalah bentuk fisik dari HOSTING. Sama seperti computer biasa memiliki Hard Disk, RAM, Prosesor dan komponen computer lainnya. Semua server HOSTING terkoneksi dengan jaringan internet yang berkecepatan tinggi, sehingga website kamu bisa di akses secara bersamaan dari berbagai belahan dunia.
Itulah penjelasan singkat beda HOSTING dan DOMAIN, sedangkan TUTORIAL apa saja yang harus di lihat nanti akan saya tulis di artikel selanjutnya ya.

--Salam Revival

Anthony Christmantoro
tonychristmantoro@gmail.com

image source www.oactechnology.com 
edited @dosendigitalmarketing.com


EmoticonEmoticon