Friday, September 16, 2016

Seth Godin Dan Definisi Marketing ?


Jakarta, Indonesia. Sebelum gue cerita apa itu definisi marketing, gue mau cerita dulu siapa itu seth godin entar lu pada kagak percaya lagi apa itu definisi marketing menurut Seth Godin.

Trus Siapa Itu Seth Godin ?

Pertama kali gue tahu tentang Seth Godin saat gue pertama kali baca buku dia yang berjudul, dan sejak saat itu menjadi salah satu guru favorit gue dalam dunia Marketing pemikirannya yang sangat extraordinary membuatnya menjadi salah satu Marketing Guru kelas dunia

Source : en.wikipedia.org

All Marketers Are Liars: The Power of Telling Authentic Stories in a Low-Trust World

itu salah buku yang gue rekomendasiin banget buat kalian baca ! atau ingetin gue dalam artikel selanjutnya, nulis tuh summary buku All Marketers Are Liar dari judul nya aja udah kontroversi masa kalian gak penasaran ?

Jadi itulah awal perkenalan gue dengan dengan om Seth sekarang gue mau ngenalin om Seth ama kalian.

Seth Godin sendiri lahir 10 Juli 1960 berarti sekarang umurnya 56 tahun aktivitas om Seth sendiri adalah sebagai seorang pengusaha, penulis, dan pembicara publik yang berasal dari negera "Paman Sam" Amerika Serikat.

Seth Lahir di New York tepatnya di daerah Mount Vernon. setelah lulus SMA Seth Godin melanjutkan pendidikannya di jurusan ilmu komputer dan filsafat di Universitas Tufts, karena kuliah serius, gak ikut demo atau tawuran jadi Seth Godin lulus kuliah pada tahun 1979.

Karena kecintaannya di dunia Bisnis dan Marketing, sambil bekerja beliau  melanjutkan pendidikan formalnya di Stanford Graduate School of Business dan mendapatkan gelar MBA-nya.

Tiga Tahun dia bekerja sebagai manager Merk di Spinnaker Sofware sejak tahun 1983 sampai tahun 1986.
Aktivitas pekerjaan dan kuliah nya membuat Seth Godin harus wara - wiri antara California dan Boston agar bisa menyelesaikan Studi MBA-nya, mungkin itulah salah satu alasan mengapa Seth Godin gak pernah ikut tawuran karena bolak - balik aja udah membuatnya sibuk benar.

Salah satu kebiasaan Seth Godin yang patut di acungi jempol saat keluar dari Spinnaker Software tahun 1986 dia sudah memiliki tabungan $20.000, kalau di konversi kedalam rupiah saat itu Rp.260 juta sebuah angka yang cukup besar saat tahun 1986.

Tabungan itulah yang menjadi cikal bakal dari Seth Godin Productions, bisnis Seth Godin Production bergerak dalam bidang pemaketan buku yang  beroperasi di  sebuah apartemen yang berukuran studio di kota New York.

Saat membangun bisnis Seth Godin Productions, dia bertemu Mark Hurst dan akhirnya mereka mendirikan Yoyodyne.

Setelah beberapa tahun kemudian, Godin memutuskan untuk fokus mengembangkan Yoyodyne dan menjual bisnis pemaketan bukunya kepada para karyawannya, menurut saya itu sebuah keputusan yang berat namun sangat bijak.

Bisnis Yoyodyne sendiri adalah sebuah perusahaan konsultan, jadi dari bisnis ini lah Godin mulai memopulerkan konsep tentang Permission Marketing, selengkapnya kalian bisa baca salam bukunya
Permission Marketing: Turning strangers into friends and friends into customers , konsep ini sendiri berawal Perlstein.

Godin sangat suka menulis saat ini dia sudah menulis 17 buku, bahkan dia sempat bekerja sebagai salah seorang kolumnis untuk majalah Fast Company, saat ini Seth Godin bersama dua istri dan dua orang putranya menetap di Hastings-on-Hudson, New York.

Lalu apa definisi marketing menurut Seth Godin sendiri

Definisi Marketing


Definisi marketing menurut Seth Godin, Marketing adalah seni untuk untuk membuat orang lain membicarakan tentang yang apa kita lakukan dan mereka akhirnya ingin ikut menjadi bagian dari produk yang kita ciptakan.

sebuah definisi yang sangat cerdas menurut saya, jadi marketing tidaklah memaksa tetapi membuat orang lain bahagia dengan konsep produk dan jasa yang kita miliki, ibarat seni tidak ada orang yang tidak suka dalam menikmati indahnya dunia seni.

Marketing is Art

Anthony Christmantoro
16 September 2016
www.dosendigitalmarketing.com


marketing is the art of making something that people want to talk about or producing something people want to engage in --- Seth Godin


EmoticonEmoticon